Download GNS3 2.0.3


GNS 2.0.2

Graphical Network Simulator-3 atau disingkat GNS3 merupakan sebuah aplikasi open source berupa emulator yang digunakan untuk melakukan simulasi atau membuat jaringan secara virtual. Mirip seperti Cisco Packet Tracer, namun GNS3 memiliki fitur yang lebih. Kita bisa menggunakan perangkat-perangkat jaringan yang terkenal seperti Mikrotik, Juniper, dan Cisco. GNS3 juga bisa digunakan untuk menghubungkan real device dengan virtual device yang ada di dakam GNS3 itu sendiri. Beberapa industri yang menggunakan GNS3 antara lain : AT&T, NASA, Google, dan masih banyak lagi.

Pada versi terdahulu, GNS3 hanya mendukung simulasi menggunakan aplikasi virtualisasi Virtualbox dan QEMU. Namun sekarang GNS3 mendukung salah satu software virtualisasi ternama yakni VMware. Untuk informasi yang lebih detail dan dokumentasi yang lengkap bisa kamu lihat langsung pada website GNS3.

Berikut adalah tampilan dari GNS3 versi terbaru 2.0.3 :

Tampilan awal
Tampilan awal GNS3

Daftar device
Daftar device bawaan dan tambahan

Tampilan Preferences
Tampilan menu Preferences

Simulasi dengan GNS3
Contoh simulasi menggunakan GNS3


Untuk mendownload aplikasi ini, kita harus sign-in atau mendaftar akun gns3 apabila belum punya. Bagi kamu yang tidak ingin ribet bisa langsung mengnduh GNS3 versi terbaru (2.0.3) melalui link berikut.




Sekian postingan untuk kali ini. Tetap semangat untuk berlatih dan "ngoprek" !!


Load Comments